Danau Biru Mengungkapkan Dalamnya Keindahan Alam Indonesia

Awalnya danau biru bukanlah sebuah spot wisata yang menarik serta tidak banyak masyarakat yang mengenalnya. Namun sekarang tempat ini sudah berubah menjadi sebuah danau dengan pesona kebiruan airnya, sehingga dikenallah dengan nama danau biru. Meskipun bekas galian tambang, saat ini danau ini menjadi spot wisata yang disukai para pengunjung. Namun ada juga yang menyebutnya Danau Bacan yang berada di daerah Sawahlunto. Kemudian yang menyebabkan spot wisata ini terkenal sebab ada seseorang yang memposting foto-foto mereka saat sedang berkunjung ke tempat tersebut.

danau biru

Danau Biru Spot Wisata Baru Ini Menarik untuk Dikunjungi

Lama kelamaan danau ini dikenal banyak wisatawan yang berkunjung, bahkan Dinas Pariwisata pun memiliki rencana membuat tempat ini menjadi lebih baik lagi. Sebab potensi spot wisata ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk sumber penghasilan. Nah, untuk informasi lebih lanjut silahkan baca penjelasan berikut.

Cara akses ke danau biru

Lokasi danau biru di area bekas galian pertambangan membuatnya cara akses belum diperbaiki sepenuhnya. Masih seperti jalan tambang, masih berbatu dan jalur atau medan yang lumayan ekstrim. Sehingga bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke danau  biru sebaiknya menggunakan sepeda motor,  tidak membawa kendaraan roda empat. Sebab mengingat jalannya yang sangat tidak bagus, bisa dilalui dengan kendaraan roda dua daripada menggunakan roda 4.

Pengunjung untuk bisa tiba ke danau biru harus melewati Taman Satwa Kandi dengan jarak yang ditempuh kurang lebih 6 km. Hingga akhirnya tiba di spot wisata danau biru. Cara aksesnya memang sangat sulit namun dengan keindahan yang ditawarkan akan terpuaskan para pengunjung.

Genangan yang sangat besar dengan hamparan air yang berwarna biru serta dikelilingi oleh hijaunya pepohonan memberikan keindahan tersendiri kepada pengunjungnya. Kolabirasi beberapa warna yang ada sangat bagus untuk diabadikan sehingga tidak jarang dimanfaatkan para wisatawan untuk berfoto ria.

Ketersediaan fasilitas

Fasilitas danau biru yang bisa dimanfaatkan pengunjung di antaranya ada toilet. Lokasi tempat ini yang masih dikelola dengan cara swadaya oleh masyarakat sehingga banyak fasilitas yang belum tersedia. Salah satunya belum memadai fasilitas pengaman yang berada di sekitar danau. Sehingga kehati-hatian dan kewaspadaan pengunjung sangat penting diutamakan. Namun bagi yang suka dengan tantangan dan berbagai spot wisata anti mainstream, penting untuk mencoba pengalaman baru mengunjungi danau biru ini.

Tiket masuk danau biru

Biasanya harga tiket masuk ke taman wisata berbeda antara weekday dan weekend. Sedangkan harga tiket masuk danau biru antara weekdays maupun weekend tetap sama. Pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000. Namun harga tiket ini bisa saja berubah tergantung kebijakan para petugas yang ada di spot wisata tersebut.

Seiring harga tiket, begitu juga dengan jam operasional antara satu spot wisata dengan spot wisata yang lain terkadang berbeda. Sedangkan untuk objek wisata danau biru memiliki jam operasional atau dibuka untuk para pengunjung mulai dari jam 08.00 hingga jam 18.00. Jika dilihat dari atas, area sawahlunto tampak seperti kuali yang sangat besar sebab aktivitas pertambangan. Namun lama kelamaan terkumpulnya air dalam bekas tambang tersebut sehingga membuatnya menjadi sebuah danau berwarna biru yang indah. Sebab masih sangat baru dan alami, spot wisata ini belum memiliki berbagai wahana yang menarik. Pengunjung yang datang kesini hanya bisa menikmati suasana, birunya air danau, serta hijaunya pepohonan yang ada di atas tebing danau biru. Sumber dari traveling.co.id

Danau Biru Mengungkapkan Dalamnya Keindahan Alam Indonesia